CHATTING PELANGGAN

Rabu, 29 Maret 2023

BAHAN POPLIN

Kain katun poplin adalah salah satu jenis kain yang berasal dari family kain katun. Nama poplin pada bahan kain ini adalah Bahasa dagang yang biasa digunakan untuk menyebutkan jenis bahan kain dengan konstruksi 133×72. Artinya adalah dalam 1 inchi kain katun poplin terdapat 133 helai benang lusi dan 72 helai benang pakan.

Jika dilihat dari teknik tenunan yang digunakan dalam membuatnya, kain katun poplin adalah kain yang masuk ke dalam jenis kain yang dibuat dengan teknik anyam model plat atau polos. Dimana setiap benang lusi dan juga benang pakan yang menjadi benang penyusun kain diposisikan secara saling menyilang sehingga membentuk garis kotak-kotak.



Kelebihan Kain Katun Poplin

Katun poplin adalah salah satu bahan kain premium yang berkualitas tinggi, katun poplin memiliki karakteristik khusus yang membuatnya tampak begitu istimewa. Beberapa karakteristik yang paling khas ditemui pada katun poplin menjadi kelebihan kain katun poplin yang paling disegani. Simak beberapa kelebihannya di bawah ini.

1. Halus dan Lembut

Kain katun poplin adalah jenis kain yang bisa dibilang cukup halus dan lembut ketika bersentuhan dengan kulit. Hal ini karena kain katun poplin sendiri biasanya memiliki rangkaian benang yang rapat dan juga permukaan kain yang rata.

2. Bahan Kain Katun Poplin Adem

Di dalam kain katun poplin terdapat banyak kandungan katun yang menjadi salah satu material penyusun. Hal inilah yang membuat bahan kain katun poplin terasa adem dan juga nyaman pada saat digunakan untuk aktivitas sehari-hari terutama di luar ruangan. Hal ini juga yang membuat banyak orang sangat tertarik untuk mencari dan membuat busana dengan menggunakan kain katun poplin sebagai bahan utamanya.

3. Tidak Mudah Luntur

Kelebihan kain katun poplin selanjutnya adalah kain ini memiliki warna yang sangat menarik dan tentunya tidak mudah luntur. Selama dilakukan perawatan secara benar, maka warna kain katun poplin akan tetap terlihat bagus walaupun sudah lama digunakan.

4. Mudah Menyerap Keringat

Sama seperti bahan kain lain yang terbuat dari katun, kain katun poplin juga memiliki karakteristik yang sudah pasti mampu menyerap keringat. Selain mudah untuk menyerap keringat, kain katun poplin juga adalah jenis kain yang tidak pengap saat digunakan.

Dengan kelebihan satu ini, maka kain katun poplin cocok untuk digunakan pada saat musim panas karena memiliki kemampuan menyerap keringat sangat baik. Dengan kamu menggunakan pakaian atau busana yang terbuat dari bahan kain katun poplin pada saat cuaca panas maka mampu mencegah berbagai penyakit akibat kulit terlalu lembat.

5. Sejuk dan Nyaman untuk Kulit

Kain katun poplin ini sangat cocok untuk digunakan pada daerah tropis seperti Indonesia karena sifatnya yang mampu menyerap keringat dengan baik serta cukup sejuk dan juga nyaman di kulit. Kain katun poplin ini mampu membuat pori-pori kulit terasa dingin dan membuat kulit lebih beas untuk bernapas.

6. Ringan Tapi Kuat

Kain katun poplin ini cenderung memiliki bobot yang ringan dan tidak berat pada saat dikenakan. Meski kain katun poplin tergolong ringan, namun kekuatannya tidak bisa disepelekan. Kain katun poplin ini pada prinsipnya memiliki jenis kain yang sangat kuat dan juga tidak mudah untuk sobek. Kain katun poplin juga bisa awet hingga bertahun-tahun asalkan sisi perawatan dan penyimpanannya dilakukan secara tepat.

7. Mudah untuk Dijahit

Tidak seperti beberapa jenis kain premium yang susah untuk dijahit, kain katun popling sangat mudah dijahit dan dikreasikan ke berbagai macam model busana. Hal ini dikarenakan permukaan kain poplin sangatlah halus dan mampu menahan bentuk secara maksimal.

8. Memiliki Sifat Serbaguna

Dengan karakteristik bahan yang terbilang lentur dan juga lembut, kain katun poplin juga disebut sebagai salah satu jenis kain terbaik yang bagus untuk digunakan. Para produsen fashion pria, wanita, hingga anak-anak pasti lebih memilih bahan kain poplin karena bahannya yang dikenal sangat unggul.

Katun poplin menjadi salah satu jenis kain yang menjadi bahan utama untuk pembuatan baju pria. Biasanya, mulai dari baju pria dengan model kemeja dan baju koko banyak yang menggunakan bahan poplin.

Lalu untuk pelengkap penampilan wanita saat beraktivitas, katun poplin bisa dibentuk menjadi sebuah baju wanita dengan model gamis, blus, rok, hingga tunik. Sedangkan untuk baju anak-anak, kain katun poplin lebih banyak dijadikan sebagai bahan kemeja, baju koko, blus, gamis, dress, dan juga rok.

9. Cara Perawatan yang Mudah

Katun poplin adalah bahan yang masuk ke dalam jenis kain yang cukup mudah untuk perawatannya. Selain dari sisi perawatan yang mudah, proses untuk mengeringkan kainnya pun bisa dibilang sangat cepat.

Untuk mencuci pakaian atau busana yang terbuat dari kain katun poplin, kamu bisa menggunakan cara manual yaitu mencuci dengan kedua tangan ataupun mesin cuci. Walaupun demikian untuk pencucian menggunakan metode tangan lebih dianjurkan untuk menjaga kualitas kain.

10. Mudah Disetrika

Kain katun poplin adalah kain yang cenderung tidak mudah kusut. Sekalipun bahan ini kusut, maka kerutannya pun tidak terlalu terlihat jelas. Hal ini lah yang membuat kain katun poplin mudah untuk disetrika.

Kekurangan Kain Katun Poplin

Dari semua kelebihan yang sudah dijelaskan di atas, tentu ada juga beberapa kekurangan yang perlu kamu tahu. Sekalipun kekurangan ini tidak akan menutup kelebihan dan keunggulan yang ditawarkan oleh katun poplin.

  • Kekurangan katun poplin yang pertama adalah kain ini tidak bisa menyimpan panas dengan cukup baik.
  • Lalu kekurangan kedua, kain katun poplin terlalu tipis untuk digunakan pada musim dingin.

Pada saat membuat kemeja, ada beberapa bahan kain selain katun poplin yang biasanya digunakan oleh para produsen fashion. Salah satunya adalah katun twill yang memang cukup dikenal. Lalu, apa perbedaan katun poplin dan katun twill? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

REKOMENDASI TOKO

TOKO 1


Tidak ada komentar:

Posting Komentar