CHATTING PELANGGAN

Rabu, 29 Maret 2023

BAHAN JACQUARD

Istilah jacquard sendiri berasal dari nama Joseph-Marie Jacquard, seorang tokoh yang menemukan teknik pembuatan jacquard pada tahun 1804. Pola atau motif pada bahan kain jacquard, yang cenderung tampak timbul, tidak dihasilkan dengan teknik cetak maupun bordir, melainkan dengan cara ditenun menggunakan mesin khusus.




KARAKTERISTIK

  • Tamapak mewah
  • Terasa lembut dan sejuk saat digunakan, pakaian berbahan jacquard akan tetap terasa lembut saat digunakan, terlebih bila ada campuran kain katun pada pakaian jacquard tersebut. Selain lembut, bahan jacquard yang memiliki campuran kain katun di dalamnya juga bersifat breathable atau tidak menjebak hawa panas
  • Tidak mudah kusut
  • Memiliki pola yang beragam

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk merawat kain jacquard:
  • Jika pola jacquard sangat rumit atau memiliki tambahan ornamen seperti beads, cucilah jacquard dengan proses dry-cleaning
  • Jika kain jacquard cukup tebal dan kuat, kain jacquard bisa dicuci menggunakan tangan di air dingin
  • Hindari penggunaan pemutih atau detergen berbahan keras saat mencuci jacquard
  • Pastikan untuk tidak menyikat, merendam, ataupun menggosok kain jacquard saat mencucinya dengan tangan
  • Setelah selesai dicuci, jangan peras kain jacquard, biarkan kering dengan hanger atau hamparkan pada permukaan yang rata

Selain itu, untuk merawat bahan jacquard, Anda juga disarankan tidak menyetrikanya. Namun, bila memang perlu disetrika, pastikan menyetrika pada bagian dalam jacquard agar tidak merusak pola. Anda juga bisa menggunakan setrika uap agar lebih aman.

Kemudian, simpan jacquard di tempat yang kering dan tidak lembap agar terhindar dari paparan jamur dan tidak mudah rusak. 

Setelah menyimak karakteristik dan cara merawat kain jacquard di atas, Anda  kini dapat mempertimbangkan busana berbahan kain jacquard yang terlihat mewah dan berkelas untuk berbagai momen penting, mulai dari wedding party, banquet, hingga event spesial bersama rekan bisnis Anda. 

Bila tertarik dengan busana berbahan jacquard, Anda bisa mencoba membelinya di Benang Jarum Couture di  www.buttonscarves.com atau di boutique store resminya di lantai 2 PIM 2 Jakarta. Benang Jarum Couture menawarkan beragam koleksi busana berbahan jacquard yang akan membuat penampilan terlihat berkelas dan juga mewah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar