CHATTING PELANGGAN

Rabu, 05 April 2023

KAIN SATIN

Kain satin sendiri sebenarnya merupakan jenis kain yang proses pembuatannya ditenun menggunakan teknik serat filament seperti sutra (silk), nilon, atau polyester. Tujuan utama dari teknik tenun yang satu ini ialah untuk mendapatkan permukaan kain yang glossy dan berkilap sehingga lebih terkesan mewah pada saat dikenakan.

Apabila dilihat dari sejarahnya, kain ini disebut mulai dikenal di Eropa pada abad ke-20 sebagai kain yang bisa dijadikan gaun karena karakteristiknya mirip dengan sutra. Walau pun memang jenis serat yang digunakan jelas tidak lah sama. Berbicara harga kain satin, tentu saja harganya relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan kain sutra.

Walau pun pada awal kemunculannya tidak banyak orang yang mengetahui kain satin karena bentuk dan teksturnya yang mirip kain sutra, namun saat ini kain satin justru menjadi kain yang populer dan banyak dicari untuk pembuatan gaun wanita. Hal ini dikarenakan kain satin mampu memberikan kesan mewah dan juga elegan pada pemakainya saat digunakan.

Tekstur kain satin dan kain sutra memang sama-sama lembut di kulit, namun kain satin pada umumnya memiliki permukaan yang lebih licin dibandingkan dengan kain sutra karena bahan satin terbuat dari serat filamen yang ditenun, sedangkan kain sutra terbuat dari serat asli yang berasal dari ulat sutra.



Karakteristik paling khas yang ada pada kain satin velvet dan menjadi pembeda dari jenis kain satin lainnya adalah:

  • Kain satin velvet cenderung lebih tebal hingga 2 kali dibandingkan satin clarissa sehingga teksturnya lebih berat dan jatuh.
  • Serat kain satin velvet cukup rapat dan tebal sehingga tidak transparan.
  • Permukaan kain satin memiliki sifat halus, licin, dan cenderung doff.
  • Kain satin tampil sangat mewah dan elegan.
  • Kain satin velvet termasuk ke dalam jenis kain satin yang tidak panas saat dikenakan.
  • Pilihan warna kain satin velvet sangat banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar