CHATTING PELANGGAN

Jumat, 10 Maret 2023

BAHAN TWEED

 BAHAN TWEED



Bahan tweed termasuk ke dalam jenis bahan kain yang teksturnya menyerupai katun tapi cenderung kasar dan biasanya terbuat dari wool yang halus dengan tambahan polyester. Karena itulah bahan tweed yang dihasilkan jadi memiliki karakteristik yang lebih tebal dan berat.
Beberapa karakteristik paling khas yang membedakan bahan tweed dengan bahan pakaian dan aksesoris lainnya yaitu:
  • Bahan tweed umumnya cenderung hangat, tebal dan kaku
  • Bahan tweed teksturnya lebih tampak seperti kain tenun kasar.
  • Bahan tweed biasanya ditenun menggunakan benang dengan warna yang berbeda-beda untuk membentuk pola dan warna yang dinamis
  • Bahan tweed dapat dibuat dengan variasi tenunan-tenunan dasar atau turunannya menggunakan benang wool
  • Warna yang digunakan umumnya berasal dari pewarna alami yang direndam dengan serat wool

Jauh sebelum digunakan sebagai bahan pakaian dan aksesoris branded bahan tweed sendin sebenarnya lebih dulu digunakan sebagai ikon pakaian tradisional dari negara Irlandia dan Inggre Setelahnya, barulah tweed kerap dijadikan sebagai bahan pembuatan pakaian formal

Fashion luxury brand seperti Chanel bahkan memiliki ciri khas motif tweed dalam beberapa koleksi andalannya Karena itulah tidak mengherankan jika bahan tweed lantas berkembang menjadi salah satu kain favorit untuk membuat berbagai macam model pakaian dan aksesoris

Tips Merawat Kain Tweed

1. Cara Mencuci Pakaian Yang Terbuat Dari Bahan Tweed

Sebelum kamu mencuci pakaian yang terbuat dari kain tweed sebaiknya perhatikan hal berikut: Kebanyakan material tweed memiliki struktur yang diperkuat, seperti bantalan bahu pada jaket, kerah jahitan yang dijahit, dan pola interfacing.

Jika pakaian kamu memiliki struktur ini, maka sebaiknya bersihkan pakaian kamu dengan metode steaming.

2. Membersihkan Noda

Sebelum kamu membersihkan noda yang ada pakaian kamu sebaiknya lihat dahulu label intruksi perawatan pakaian kamu. Untuk noda ringan kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan lap dan deterjen.

Jika pakaian kamu terkena noda, maka noda harus segera dibersihkan sebelum noda menembus kebagian dalam serat kain.

3. Gunakan deterjen yang ringan

gunakan deterjen yang ringan untuk pakaian berbahan tweed agar tidak banyak merusak konstruksi serat. Selain itu karena bahan wool murni sebaiknya jangan terlalu sering di cuci jika tidak terlalu kotor karena bahan ini akan mudah terdegradasi secara alami seiring berjalannya waktu.

4. Setrika Dengan Panas Sedang

Pakaian yang terbuat dari bahan tweed umumnya bisa kamu setrika tanpa harus khawatir akan rusak. Pastikan untuk selalu melihat instruksi yang ada pada label perawatan pakaian mengenai suhu yang tepat dalam menyetrika pakaian berbahan tweed.

Jika kamu tidak yakin, kamu bisa menggunakan panas sedang anatara 110 – 150 derajat celcius.

5. Penyimpanan

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahan wol adalah terbuat dari serat alami yang berasala dari bulu hewan sehingga mudah untuk terdegradasi. Itulah sebabnya bahan wol harus disimpan dalam suhu ruangan yang terjaga kelembapannya.

Alternatif lainnya adalah kamu bisa menyimpan pakaian kamu menggunakan tas khusus untuk menyimpan pakaian (garment bag)

Bahan Tweed pada masa sekarang sangat banyak dicari dimana-mana untuk dijadikan blazer. Jika kaliam mencari penjual Kain yang berkualitas, kalian dapat membeli di bezyatextile


Tidak ada komentar:

Posting Komentar